Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Selasa, 10 Januari 2012 - 13:32:38 WIB
PSM KARTIKA SUARA UNJANI
Diposting oleh : humasunjani
Kategori: komunitas


Profil
1. Sejarah Singkat
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) yang bergerak di bidang seni. Dibentuk pada tanggal 22 Mei 2000  yang bertepatan dengan Diesnatalis UNJANI ke X dan diberi nama “MISTE VOICE” yang berarti “kelompok atau sekumpulan orang yang terdiri dari pria dan wanita yang bernyanyi bersama memadukan satu kesatuan paduansuara”.
Pada tahun 2008 dikarenakan adanya pergantian kepengurusan, adanya sebuah kesepakatan bersama oleh anggota aktif PSM UNJANI untuk mengubah nama PSM yang semula “MISTE VOICE” menjadi “KARTIKA SUARA” yang berarti “Suara Bintang” dan kemudian disahkan pada Musyawarah Anggota tanggal 2 Maret 2008 .
Anggota PSM KARTIKA SUARA UNJANI terdiri dari mahasiswa berbagai fakultas di UNJANI dan saat ini Pengurus PSM Kartika Suara UNJANI Periode 2011/2012 diketuai oleh Yusup Suryadi, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Angkatan 2009 dan berada di bawah pembinaan ibu Christina selaku Pembina Harian dan Kang Pandu Watu Alam,S.Pd. sebagai Pelatih Utama.
Prestasi yang telah dicapai oleh PSM Kartika Suara UNJANI adalah Bronze Medal pada Bandung International Choir Competition 2011 dikategori Pop & Jazz, Juara Kedua  PORMASI A. Yani Tahun2011, mengisi berbagai acara intern dan ekstern kampus seperti Sidang Senat Terbuka, Pengambilan Sumpah Apoteker, Wisuda, Perayaan Dies Natalis serta pernah mengikuti  FPS ITB ke XVIII Tahun 2002 dan FPS ITB ke XXII Tahun 2010.

 

2. Arti dan Filosofi Logo:

 

PSM Kartika Suara UNJANI adalah suatu Unit Kegiatan Mahasiswa bidang seni musik dan seni suara yang selalu berlatih dan juga terlatih dalam melantunkan kata demi kata yang berirama.
Keempat warna melambangkan 4 jenis suara yang ada dengan karakteristik yang menyatu dalam keberagaman yang berwarna warni. Selain itu warna-warna tersebut memberikan kesan yang lebih modern. Adapun arti dari warna-warna tersebut adalah:


1.    Merah: Melambangkan ketegasan dan keberanian. Mewakili suara Sopran. Sopran sebagai suara yang paling tinggi dalam kategori wanita dan menjadi melodi dari harmonisasi semua nada yang lantang dan berani.

2.    Kuning: Melambangkan kebahagiaan, kecerahan, keceriaan dan kehormatan. Mewakili jenis suara Alto. Alto merupakan jenis suara yang berkategori rendah untuk suara wanita dan dapat mengalunkan nada-nada miris dengan indah.

3.    Biru: Melambangkan ketenangan dan keselarasan. Mewakili suara Tenor, yaitu jenis suara tinggi untuk kategori pria. Tenor memiliki kekuatan yang hampir sama dengan sopran namun memiliki ciri khas tersendiri.

4.    Hijau: Melambangkan keyakinan dan kedamaian. Mewakili jenis suara Bass, yakni suara rendah untuk kategori pria. Gema suara yang dihasilkan bass menyatu dengan harmoni alam yang memberikan ketenangan dan kesejukan.

Kunci G sebagai identitas seni musik dan seni suara yang membidangi PSM. Kunci G yang berupa siluet yang menyatukan 4 elemen warna melambangkan 4 suara yang bersatu dalam 1 harmoni. Kunci G ini juga melambangkan kebersamaan dan kekeluargaan.