Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Rabu, 15 Juni 2016 - 10:03:30 WIB
BHARAWANA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: komunitas


Profile

Didirikan pada tanggal 20 Oktober 1990 dengan Surat Keputusan Rektor UNJANI Nomor : SKEP-112/UNJANI/X/1990 yang diserahkan langsung oleh Ibu Achmad Yani (alm) istri mendiang Jenderal Achmad Yani.

BHARAWANA diambil dari 2 kata bahasa sansekerta, BHARA dari kata KEMBHARA=Pengembara dan WANA=RIMBA BELANTARA. Dari kedua kata inilah BHARAWANA dapat diartikan sebagai wadah atau tempat berkumpulnya para penggiat olahraga petualangan di alam terbuka yang berada di lingkungan Civitas Akademika Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Kekeluargaan merupakan azas dari organisasi ini.

Keanggotaan BHARAWANA bersifat seumur hidup yang dibagi dalam 4 Divisi berdasarkan spesialisasi bidangnya masing-masing yaitu : .

DIVISI I / Hutan Gunung

Lingkup operasional aktivitas meliputi pendakian gunung, penjelajahan hutan, pantai, pendataan suku-suku di pedalaman, pemetaan dll. Untuk sertifikasi dan peningkatan Kualitas, personil dari Divisi I diikutsertakan dalam pendidikan dan sekolah yang berhubungan dengannya.

Sertifikasi yang dimiliki angota divisi I diperoleh dari :

  1. Yayasan Savara Indonesia,
  2. Yayasan Survival Indonesia,
  3. Yayasan Kapinis,
  4. Sekolah Pendaki Gunung Wanadri

Divisi I telah melakukan banyak kegiatan mulai dari pendakian dan pendataan di gunung-gunung terutama dengan ketinggian 3.000 mdpl ke atas, penjelajahan suku anak dalam - Jambi, pendataan reptil di Kalimantan, terlibat dalam Ekspedisi NKRI Kalimantan, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi, Ekspedisi NKRI Papua Barat dll.

Ekspedisi Susur Pantai RING OF JAVA yang dirintis sejak tahun 1991, pada tahun 2013 telah terselesaikan untuk wilayah Pantai Selatan Pulau Jawa, mulai dari Pantai Ujung Kulon Jabar s.d Pantai Medoan, Probolinggo Jatim. Tahun 2016 Ekspedisi Susur Pantai kembali dilanjutkan dari Medoan, Probolinggo Jatim menuju Tuban Jatim dalam rangka melanjutkan tongkat estafet ekspedisi.

DIVISI II / Tebing

Lingkup operasional aktivitas meliputi pemanjatan tebing untuk petualangan dan prestasi (atlit). Sertifikasi yang dimiliki anggota diperoleh dari

  1. Perguruan Pemanjat Tebing Skygers,
  2. SEACF (South East Asia Climbing Federation),
  3. ICE (Indonesia Climbing Expedition),
  4. FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) untuk pelatih.

Divisi II telah melakukan ekspedisi mulai dari pemanjatan dan pembukaan jalur di banyak tebing seperti Tebing Telunjuk Selero-Sumsel, Lembah Harau-Sumbar, Tebing-tebing di wilayah Jabar, Tebing Batu Hayam, Layard dan Pasting di Barabai-Kalsel, Tebing Tontonan Maros-Sulsel, Tebing Kilo Tiga dan Batu Kota di Minahasa-Sulut, Tebing Songan Bali, Parang Endok DIY, Tebing Batu Unta Kalimantan dan masih banyak lagi.

Dalam bidang prestasi, anggota dari Divisi II memperoleh medali Emas dalam Porda Jabar 2001 di Indramayu untuk No. Speed beregu dan menempatkan anggotanya dalam peringkat 12 tingkat nasional untuk nomor lead perorangan.

DIVISI III / ORAD (Olah Raga ArusDeras)

Lingkup operasional aktivitas meliputi kegiatan di sungai berarus deras, mulai dari Rafting, Kayakin, Riverboarding, dengan sertifikasi anggota dari FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia)

Catatan prestasi dari Tim Arung Jeram Bharawana diantaranya Peringkat 12 Kejurnas Arung Jeram S. Progo DIY, Peringkat 16 dalam Kejurnas Arung Jeram S.Citarum-Jabar, Peringkat 7 dan 9 kategori Mahasiswa dalam Kejurnas Citarum Open I, Peringkat 11 dalam Kejurnas Citarum Open II.

Selain itu, Divisi III juga berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan Jambore Arung Jeram yang secara rutin dilaksanakan oleh FAJI.

DIVISI IV / SAR (Search And Rescue)

Lingkup operasional aktivitas meliputi Operasi SAR, Evakuasi korban bencana, Penanggulangan Bencana Alam baik pada medan ideal maupun pada medan khusus, serta memberikan penyuluhan MITIGASI BENCANA (Disaster Management)

Sertifikasi anggota dari :

  1. MIX RESCUE Operation-Eugene Rescue, Switzerland,
  2. BASARNAS (Badan SAR Nasional) untuk SMC,
  3. Yayasan Kapinis,
  4. SEACF (South East Climbing Federation), Evakuasi medan operasi khusus
  5. ICE (Indonesia Climbing Expedition) Evakuasi medan operasi khusus
  6. Vertical Rescue Indonesia Evakuasi medan operasi khusus

Selain itu, anggota dari Divisi SAR juga menjadi tim instruktur di Vertical Rescue Indonesia yang telah memberikan pelatihan bagi TNI, Kepolisian, Pemadam Kebakaran dll. Banyak operasi SAR yang diikuti mulai dari kecelakaan petualangan, Kecelakaan Transportasi sampai dengan Bencana Alam. Operasi dalam skala besar yang melibatkan anggota divisi III diantaranya ESAR Lembah Kera, Evakuasi korban pesawat Garuda Indonesia di Muara Buaya, Evakuasi korban Helly Bell milik Pelita di Gn. Burangrang, Operasi SAR pesawat Cassa Gn. Burangrang, Gempa dan Tsunami Aceh, Gempa dan Tsunami Jogja, Erupsi Merapi, Tsunami Pangandaran, Gempa Padang, Longsor Sampah TPA Leuwigajah, Operasi SAR Mahasiswa STIKES Achmad Yani Cimahi di S. Citarum, serta banyak lagi operasi dalam skala menengah dan kecil lainnya

Sistim perekrutan anggota dilakukan setiap tahun dalam bentuk Training Alam Bebas. Bharawana juga melakukan pengajaran di banyak organisasi pecinta alam dan menjadi konsultan utama dalam pendirian organisasi pecinta alam Mata Angin (STIE Bangko), Bawadri (SMK Penerbangan, bdg) Jayapala (STIKES Achmad Yani).

Hingga sekarang ini sekretariat Bharawana dijadikan Posko siaga SAR untuk Kota Cimahi, dan juga sebagai sekretariat Harian FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Kota Cimahi

Untuk informasi dan detail tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di BHARAWANA dapat anda dilihat di

www.buletinbw.blogspot.co.id

BHARAWANA SOCIAL MEDIA :

Youtube : bharawanaunjani

Instagram : @bharawana_unjani

Facebook : Bharawana Unjani Cimahi

Email : bulletin_bw@yahoo.com

1 orang terlatih, jauh lebih berguna dibandingkan 1000 orang hebat

Kami bukan petualang HEBAT

Kami adalah petualang-petualang TERLATIH

Bagi kami, Tugas adalah KEHORMATAN !!!