Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Rabu, 25 Januari 2017 - 15:12:56 WIB
Program Pembinaan Agama Dan Karakter Mahasiswa Unjani
Diposting oleh : humasunjani
Kategori: agenda kegiatan


(Cimahi), Budayawan Emha Ainun Nadjib yang lebih dikenal dengan sapaan “Cak Nun, hadir dikampus Unjani Cimahi bersama dengan grup musiknya “Kiai Kanjeng”. Kehadiran dimaksud untuk memberikan pencerahan bagi sekitar 2000 mahasiswa Unjani Tahun Akademik 2016/2017 dalam program pembinaan agama dan karakter (PPAK), yang berlangsung di Gedung Sasana Krida Unjani, Minggu (22/1). PPAK merupakan program kegiatan akademik, sebagai salah satu komponen kegiatan terstruktur dari mata kuliah Pendidikan Agama atau mata kuliah sejenis, yang terkait dengan pendidikan etika dalam rangka pembinaan karakter mahasiswa. Pada kegiatan kali ini mengusung tema : “membangun budi pekerti mulia melalui pengamalan agama”, dengan program ini diharapkan akan lahir generasi yang memelilki budi pekerti mulia.

Seperti biasa Cak Nun tampil sangat interaktif dengan audiensnya, dialogis, penuh suka cita dan mengundang tawa. Rasa kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara serta toleran merupakan karakter yang sangat kuat dimiliki Cak Nun. Ditengah dilema yang dihadapi bangsa saat ini, Cak Nun mampu memberikan solusi agar mahasiswa khususnya mahasiswa Unjani tidak turut terpropokasi atau pun salah persepsi dalam menyikapi isu-isu perpecahan, in-toleransi dan sejenisnya.

Terkait program PPAK yang dilaksanakan Unjani, saat dikonfirmasi Cak Nun mengatakan bahwa program pembinaan agama dan karakter di Unjani “lengkap”, mahasiswa di didik tidak hanya intelektualnya saja tetapi meliputi moral, mental dan spiritual, ungkap beliau. Cak Nun mengawali penyampaian materinya dengan mengajak semua yang hadir menyanyikan lagu “Syukur”, solawat bersama, tausyiah, tanya jawab,  menyanyi bersama lagu-lagu daerah “kolaborasi nusantara” diiringi grup musik Kiai Kanjeng, dan ditutup dengan do’a oleh Cak Nun.    

Sementara itu, Rektor Unjani Mayjen TNI Witjaksono, M.Sc., NSS. dalam pidato sambutannya mengatkan bahwa PPAK merupakan bagian dari upaya Unjani dalam meningkatkan kualitas mahasiswa selain akademik, yakni pada sisi pengembangan karakter, yang bertujuan untuk menciptakan calon intelektual muda yang kompetitif ditengah persaingan yang semakin terbuka. Selain itu kegiatan tersebut diharapkan mampu membangun karakter dan kepribadian mahasiswa dengan dilandasi oleh pembinaan agama yang kuat, sehingga akan terbentuk pribadi yang memiliki integritas, pengetahuan, keberanian dan inisiatif.

Acara tersebut turut dihadiri, Ketua Pelaksana Harian YKEP-Unjani, Brigjen (P) Ferdinand Setiawan, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Rahman Ardan, drg., MS, Sp. Pros., Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr. Ir. H. Toto Saputra., MM., para Dekan Fakultas, para dosen pengampu, dan undangan lainnya. **