Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Selasa, 09 Mei 2017 - 20:08:40 WIB
Dies Natalis ke 27 UNJANI
Diposting oleh : humasunjani
Kategori: agenda kegiatan


(Cimahi), Bulan Mei, tepatnya tanggal 20 Mei 27 tahun silam, (1990), merupakan hari yang bersejarah bagi Universitas jenderal Achmad Yani (Unjani). Pada hari tersebut WAKASAD Letjen TNI Sahala Rajaguguk mewakili dan atas nama KASAD selaku Ketua umum Yayasan Kartika Eka Paksi pada waktu itu yang dijabat oleh Jenderal TNI Edi Sudradjat meresmikan berdirinya Universitas Jenderal Achmad Yani.

Sejarah menunjukan bahwa cikal bakal berdirinya Unjani tidak dapat dipisahkan dari TNI-AD. Perjuangan dan Cita-cita luhur para pendahulu / penggagas / pendiri untuk mewujudkan berdirinya Unjani, semata adalah untuk mencerdaskan bangsa, untuk mensejahterakan rakyat dan menjadi dapur ilmiah TNI – AD.

Perjalanan panjang periode demi periode kepemimpinan Unjani menunjukan perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat. Tentunya merupakan dukungan dan komitmen kuat Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), sejak berdiri hingga kini secara bersungguh-sungguh dalam meneruskan tongkat estapet kepemimpinan. Perkembangan dan kemajuan yang dicapai Unjani saat ini dapat ditunjukan dengan semakin tingginya pengakuan dan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan studi di Unjani.

Sejalan dengan itu, Unjani terus menerus berupaya menata diri dalam menggapai cita-cita, visi dan misi, sebagai perguruan tinggi unggul, berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan. Alhamdulillah pada tahun ini Unjani telah terakreditasi institusi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristekdikti. Kepercayaan pemerintah dan masyarakat tersebut kepada unjani merupakan motivasi dan dorongan agar terus menerus berupaya, berkarya kreatif-inovatif di era globalisasi dan persaingan ketat, untuk meningkatkan dan mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa.   

Komitmen tersebut merupakan ungkapan makna yang tersirat dalam pidato Rektor, Mayjen TNI Witjaksono, M.Sc., NSS, saat membuka secara resmi rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-27 Unjani Kamis (27/4) lalu, dalam sebuah upacara yang dihadiri seluruh warga Unjani.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-27 Unjani tahun 2017, Dr. Elis Dwiana, SE., MP, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-27 tahun 2017 antara lain akan di isi dengan pemilihan mahasiswa, dosen dan karyawan berprestasi, pemberian penghargaan, lomba olahraga, lomba kebersihan lingkungan antar unit kerja, senam dan gerak jalan sehat, bakti sosial, orasi ilmiah, silaturahim dengan sesepuh / mantan pejabat Unjani, dan tokoh masyarakat, serta pagelaran seni.

Tema Dies Natalis UNJANI Ke-27 adalah “Goes To K I C K”, secara rinci Rektor menjelaskan tema tersebut memiliki makna yang khas sebagai perguruan tinggi yang mengabadikan Nama Besar Seorang Pahlawan Revolusi “Jenderal Achmad Yani”.

Bahwa sebagai keluarga besar Unjani, kita harus senantiasa menerapkan nilai-nilai ke-Achmad Yani-an, yang secara sederhana saya singkat dengan istilah “K I C K”, ungkap Rektor.

“K” yang pertama adalah keen on learning, yang dicirikan dengan semangat belajar dan ketekunan yang tinggi. “I” bermakna dua hal, yaitu integrity dan initiative. “C” berarti courage, atau keberanian dalam menyampaikan kebenaran, serta keberanian dan kelapangan dada dalam menerima kritik, dan “K” yang kedua sekaligus terkahir, adalah knowledge.

Dari istilah “Kick” tadi, kita dapat mengambil sebuah pelajaran, bahwa knowledge is power, but character is more. Menyadari hal tersebut, kami senantiasa berusaha menjaga integritas akademik di berbagai lini, “tandas Rektor” saat dikonfirmasi. **