Visi dan Misi

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan dokter gigi yang unggul di bidang kedaruratan medik dental yang mampu bersaing di tingkat nasional serta berwawasan lingkungan pada tahun 2025

Misi

Menyiapkan lulusan dokter gigi yang handal dalam bidang kedaruratan medik dental dan siap mengikuti pendidikan lanjut di bidang kedokteran gigi maupun kesehatan.

Melaksanakan kurikulum yang berbasis kompetensi sesuai Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia dengan keunggulan di bidang kedaruratan medik dental dan berwawasan lingkungan.

Menyelenggarakan system pengelolaan program studi yang mandiri, berbasis pada penjaminan mutu terpadu.

Menjalin kemitraan dengan berbagai instansi untuk kepentingan pelaksanaan pendidikan dan meningkatkan mutu secara berkesinambungan.



Fasilitas Pembelajaran, Kurikulum dan Lulusan

Kurikulum dan Lulusan

Kurikulum, Pelaksanaan kurikulum berdasarkan Standar Profesi Dokter Gigi. Standar Kompetensi Dokter merupakan dasar pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dokter gigi di Indonesia. Hal ini berarti bahwa pengembangan kurikulum berangkat dari kompetensi yang harus dicapai mahasiswa. Lulusan dokter diharuskan mencapai 7 area kompetensi, yaitu:

Komunikasi Efektif
Keterampilan Klinis
Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
Pengelolaan Masalah Kesehatan
Pengelolaan Informasi
Mawas Diri dan Pengembangan Diri
Etika, Moral, Medikolegal, dan Profesionalisme serta Keselamatan Pasien.

Dengan dikuasainya standar kompetensi oleh seorang yang berprofesi dokter gigi, maka yang bersangkutan akan mampu:

mengerjakan tugas atau pekerjaan profesinya
mengorganisasikan tugasnya agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan
segera tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan apabila terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula
menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah di bidang profesinya
melaksanakan tugas dengan kondisi berbeda.

Lulusan, Tujuan utama pendidikan dokter Gigi adalah mempersiapkan lulusan dokter gigi yang dapat bekerja secara profesional pada upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) strata pertama dengan pendekatan kedokteran keluarga. Hal tersebut mencakup pelayanan kesehatan profesional terhadap semua spektrum usia dan semua jenis penyakit Gigi sedini mungkin yang dilaksanakan secara paripurna, holistik, berkesinambungan, dan berkoordinasi dengan profesi kesehatan lainnya.

Fasilitas Pembelajaran

Program studi dokter gigi UNJANI telah memiliki sarana yang lengkap, yaitu :

Ruang Perkuliahan,
Ruang Tutorial,
Perpustakaan,
e-learning,
Laboratorium,
Asrama (universitas),
Rumah Sakit Pendidikan (RS. Dustira),
Puskesmas Jejaring dan lainnya.
Ruang Tutorial sebanyak 24 ruang dengan kapasitas masing-masing 12-15 kursi. Fasilitas ruang berAC, CCTV, minilibrary, whiteboard, softboard, komputer, dan flipchart.

Laboratorium yang dimiliki :

Lab. Keterampilan Medik (Skills Lab)
Lab. Anatomi
Lab. Mikrobiologi
Lab. Material dan Teknik Kedokteran Gigi
Lab. Parasitologi
Lab. Patologi Mulut
Lab. Patologi Klinik
Lab. Komputer



Berita Kegiatan



2016-10-24:14:53:32 | Diposting Oleh : 02
| Dibaca : 2332 kali |
Detail... |

FK UNJANI Gelar PIT Ke – 8 Tahun 2016

Cimahi, Fakultas Kedokteran Unjani menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-8 tahun 2016, (14-15/10) lalu, bertempat di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika Bandung. PIT merupakan kegiatan seminar ilmiah yang mana kali ini penyelenggaraannya oleh Prodi Pendidikan Dokter Gigi.Ketua panitia pelaksana PIT ke - 8 tahun 2016, Badi Soerachman, drg., SpKG, dalam laporannya...



2016-08-08:19:22:11| Diposting Oleh : 02
| Dibaca : 3356 kali |
Detail... |

MAHASISWA FK UNJANI LULUS UKMPPD PERINGKAT 2 NASIONAL

Cimahi, Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan tahapan yang wajib dilalui oleh Mahasiswa Sarjana Program Studi Kedokteran sebagai tolak ukur kompetensi dalam tahapan Profesi sebagai syarat untuk menyandang gelar akademik ”Dokter”. Pada pelaksanaan UKMPPD periode Mei 2016 lalu, 9...



2015-08-08:14:00:17| Diposting Oleh : 02
| Dibaca : 1818 kali |
Detail... |

Angkat Sumpah 72 Profesi Dokter Baru

Cimahi, Sebanyak 72 Profesi Dokter baru lulusan gelombang III Fakultas Kedokteran Unjani Tahun Akademik 2014/2015 melaksanakan Angkat Sumpah. Upacara angkat sumpah Sabtu (8/8), dilaksanakan di Gedung Sasana Krida (GSK) Kampus Unjani Cimahi. Diawali dengan pembukaan Sidang Senat Terbuka Fakultas Kedokteran oleh Dekan selaku Ketua Senat. Penaggung jawab acara angkat sumpah, Hj. Indarti Trimurtini, dr., M.Kes. yang juga Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan da...

Selengkapnya...

Testimonials