Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Sabtu, 01 Desember 2012 - 23:24:20 WIB
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Dalam Penanganan Energi IX
Latar Belakang Sumber daya energi sebagai kekayaan alam merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada rakyat dan bangsa Indonesia. Pada sisi lain sumber daya energi memiliki posisi yang strategis dan sangat penting bagi hajat hidup rakyat banyak, hal tersebut karena sumber daya energi mampu meningkatkan kegiatan ekonomi dan menyangkut ketahanan nasional. Secara geologis negara Indonesia

Teknik Metalurgi
Diposting tanggal: 13 September 2016

Profile

Dimasa depan, ilmu pengetahuan dan teknologi berperan dalam menentukan kehidupan dan persaingan antara masyarakat-masyarakat bangsa didunia, sehingga relevansi dan kualitas pendidikan tinggi adalah persoalan yang selayaknya diangkat sebagai masalah utama untuk ditangani.

Indonesia termasuk negara yang kaya dengan sumber daya alam yang meliputi sumber daya sebagai material dari industri manufaktur. Kekayaan alam yang berlimpah tersebut merupakan kekuatan tersendiri atau merupakan keunggulan komparatif bagi bangsa Indonesia.   

Material logam dan non logam telah banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, dari peralatan canggih hingga peralatan untuk rumah tangga. Semua tidak terlepas dari penggunaan material terutama logam. Berbagai contoh komponen atau produk yang digunakan diberbagai bidang, yaitu:

  1. Bidang transportasi: mobil, kapal laut, pesawat terbang, kereta api.
  2. Bidang industri umum: industri otomotif (pembuatan mobil dan sepeda motor), industri tekstil (mesin-mesin rajut), industri pembuatan pupuk, industri pengolah bahan bakar dan minyak, industri pendukung proses manufaktur, dan lain-lain.
  3. Bidang pertahanan: industri persenjataan (peluru, tank, panser, rudal, granat, mortir, senjata, pesawat tempur dan kapal perang).
  4. Bidang informasi dan telekomunikasi: industri peralatan elektronik (televisi, radio, telekomunikasi (telepon kabel dan nirkabel, pemancar), komputer, dan lain-lain).
  5. Bidang inspeksi dan perawatan: peralatan-peralatan pengujian material (di laboratorium maupun di lapangan), peralatan pengukuran (quality control).
  6. Bidang kesehatan: peralatan pemeriksaan tubuh manusia, peralatan operasi, mesin pembuat obat-obatan, dan lain-lain.
  7. Bidang rumah tangga: peralatan dapur (kompor, pemanggang, rice cooker, lemari es, gelas, panci, dan lain-lain), perhiasan, jam, dan lain-lain.

Begitu luasnya penggunaan material dalam kehidupan sehari-hari manusia, maka teknologi pengolahan material sangatlah dibutuhkan untuk dapat menghasilkan bahan atau material dasar industri, material lanjut, material baru atau material cerdas yang kompetitif sebagai substitusi impor atau bersaing dipasar global.

Di Indonesia tercatat hanya ada 5 perguruan tinggi yang mempunyai jurusan/departemen yang menghasilkan sarjana dibidang material dan metalurgi, yaitu Jurusan Metalurgi dan Material Universitas Indonesia (UI-Jakarta), Jurusan Teknik Metalurgi Universitas Tirtayasa (Untirta-Cilegon), Jurusan Teknik Material dan Jurusan Teknik Metalurgi Institut Teknologi Bandung (ITB-Bandung), Jurusan  Material dan Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS-Surabaya) dan Jurusan Teknik Metalurgi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani-Bandung) sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Jurusan Teknik Metalurgi, FT-Unjani berdiri pada tahun 1978 merupakan salah satu jurusan di Akademi Industri Logam (AIL) di bawah pembinaan Yayasan IGASAR (Ikatan Keluarga Besar) PINDAD. Pada tahun 1985 AIL berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) dan di bawah pembinaan Yayasan Kartika Eka Paksi TNI-AD. Selanjutnya pada tahun 1992 menjadi bagian dari Fakultas Teknik Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Bandung di bawah naungan yayasan yang sama. Program studi Teknik Metalurgi FT-Unjani mempunyai orientasi pendidikan yang menitikberatkan kepada teknologi manufaktur logam (metals manufacture).

Pada tahun 2004 mendapatkan akreditasi dengan peringkat “B“ melalui Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 022/BAN-PT/Ak.VIII/S1/VI/2004, tanggal 17 Juni 2004 dan pada tahun 2009 mendapatkan akreditasi dengan peringkat “B” melalui Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 027/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009, tanggal 11 September 2009. Dan pada tahun 2015 sekarang kembali mendapatkan Akredtasi dengan peringkat "B" melalui Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 118/SK/Ban-PT/Akred/S/III/215, tanggal 28 Maret 2015, dan berlaku sampai 28 Maret 2020.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi suatu program studi Teknik Metalurgi yang dapat menghasilkan sarjana yang unggul dan kompetitif untuk menjawab kebutuhan industri logam nasional dan tuntutan era globalisasi.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan metalurgi yang memperhatikan kebutuhan sumber daya manusia untuk industri khususnya industri logam dan manufaktur nasional.
  2. Mengembangkan pendidikan metalurgi tepat guna dengan konsentrasi pada bidang teknologi manufaktur.
  3. Mengembangkan hubungan yang harmonis dengan kalangan industri untuk menciptakan pengembangan ilmu dan produk.
  4. Menumbuhkembangkan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan hidup.
  5. Membina sumber daya manusia yang bertakwa dan mengabdi pada bangsa dan negara.

Fasilitas Pembelajaran

  1. Laboratorium Logam
  2. Laboratorium Teknik Produksi
  3. Laboratorium Kimia,
  4. Laboratorium Korosi,
  5. Laboratorium Kristalografi,
  6. Laboratorium Mineralogi,
  7. Laboratorium Fisika.
  8. Gedung Laboratorium
  9. Gedung Perkuliahan
  10. Perpustakaan Jurusan dan Perpustakaan Pusat
  11. Gedung Perkantoran, Himpunan
  12. Koperasi, Asrama Putra/Putri, Poliklinik, Bank, Sarana Ibadah dll]

Kurikulum dan Lulusan

Kurikulum

Pendidikan metalurgi merupakan gabungan dari beberapa ilmu dasar mulai dari kimia, fisika, matematika, thermodinamika, kinetika, mekanika teknik serta beberapa ilmu terpakai seperti peleburan, pemaduan, korosi serta teknik-teknik manufaktur. Sehingga dalam metalurgi terdapat tiga sub Jurusan yaitu: metalurgi extraktif, metalurgi fisik dan metalurgi mekanik yang menekankan kepada masalah pengolahan mineral logam, pengolahan bahan logam (manufaktur), karakteristik logam serta korosi dan pengendaliannya. Jurusan Teknik Metalurgi UNJANI lebih memperdalam pada aspek metalurgi mekanik yang berorientasi pada manufaktur.

Kompetensi utama adalah kompetensi penciri lulusan suatu program studi. Lulusan Jurusan Teknik Metalurgi diharapkan mampu menjawab tantangan era globalisasi, mengembangkan pendidikan dalam bidang ilmu dan teknologi logam serta mampu memecahkan masalah-masalah yang ada di industri khususnya industri logam dan mesin. Keahlian yang dapat dihasilkan dari Kurikulum Jurusan Teknik Metalurgi UNJANI, diarahkan agar lulusan memiliki kompetensi yang terbagi dalam 3 Kelompok Keahlian (KK) sebagai:

    Kelompok Keahlian Metalurgi dan Teknologi Proses Manufaktur:

    1. Teknik Pengecoran Logam.
    2. Teknik Pengelasan Logam.
    3. Teknik Pembentukan Logam.
    4. Teknik Perlakuan Panas Logam.
    5. Metalurgi Serbuk.

    Kelompok Keahlian Metalurgi dan Teknologi Karakterisasi Material:

    1. Pemilihan Bahan dan Proses.
    2. Korosi.
    3. Teknik Perlindungan Logam.
    4. Analisis Kegagalan Logam.
    5. Pengujian Logam (Destructive & Non Destructive Test).

    Kelompok Keahlian Metalurgi dan Teknologi Pengolahan Mineral Logam:

    1. Pengolahan dan Pemurnian Mineral Logam.
    2. Teknologi Metalurgi Sekunder.
    3. Teknologi Metalurgi Vakum.
    4. Teknologi Reduksi dalam Peleburan.

Lulusan

Para Lulusan Teknik Metalurgi dapat bekerja pada berbagai industri antara lain :
Industri Otomotif, Industri Pertambangan, Industri Penerbangan, Industri Persenjataan, Industri Perminyakan dan Gas, Industri Perkapalan, Industri Pembangkit Listrik, Industri Elektronika, Inspeksi dan Kendali Mutu dll.
 
Peranan Ahli Metalurgi :

  1. Ahli forensik, ahli inspeksi X-ray radiografi, ultra sonik, magnetik particle, struktur mikro.
  2. Ahli Peleburan, pemanduan & peleburan logam Ferro & Non Ferro.
  3. Staf ahli pada industri logam, industri pipa, pabrik baja.
  4. Industri  Pertambangan dan pengolahan bijih logam.
  5. Ahli material khusus untuk penggunaan bidang tenaga nuklir, elektronika, bioteknologi, kedokteran, sipil, Arsitektur dan seni rupa (ornamen/patung dari logam).
  6. Pengusaha di industri kerajinan logam dan perhiasan.
  7. Ahli perlindungan logam yang meliputi industri pelapisan logam & proteksi katodik.
  8. Pengujian bahan & kendali mutu di industri manufactur.

Profile Dosen

  Nama  : Prof. Ir. Waspodo Martojo
Pendidikan  : Doktoral
Bidang Keahlian
 : Piro Metalurgi, Pengelasan, Metalurgi Serbuk dan Pengecoran


  Karya Tulis Ilmiah
  1. W. Martojo, E. A. Basuki, “Peluang dan Masa Depan Industri Metalurgi di Indonesia”, Seminar Nasional Kebumian, Fakultas Teknologi Mineral, UPN Veteran, Yogyakarta, 8-9 Desember 2011
  2. Abdurrahim, W. Martojo, “Tinjauan Teknis-Metalurgis Keping Roda Kereta APi (Solid Wheel) dan Kemungkinan Pembuatannya di Indonesia”, Prosiding Seminar Nasional Besi dan Baja II, ITB, 20-21 Oktober 2011
  3. S. Soepriyanto, W.Martojo, A. Alfan, “Analisis Ketahanan Creep Pada Baja Paduan Suhu Tinggi Untuk Aplikasi Boiler PLTU”, Jurnal Teknologi Mineral, Vol. XVI, No. 1, 1-7, 2009, ISSN: 0854-8528
  Penelitian
  1. S. Soepriyanto, W. Martojo, "Structure Interelation on BaO-TiO2 System in Sintering Systhesis of BaxTi4xO10x Materials at Temperature above 1400°C", Higher Education Basic Research, Directorate of Higher Education, 1998-1999.
  2. S. Soepriyanto, W. Martojo, T. Hidayat, R. Widiyanto, "Processing of Zircon Opacifier to Zirconia for Advanced Materials", ITB Research Program; LPPM-ITB; Bandung, 2005.
  3. S. Soepriyanto, W. Martojo, A. Affan, "Creep Resistance of Stainless-steel for Boiler Power-plant Application", ITB Research Program; LPPM-ITB; Bandung, 2006.

  Prestasi
  1. Satya Lencana Karya Satya 10 tahun
  2. Satya Lencana Karya Satya 20 tahun
  3. Satya Lencana Karya Satya 30 tahun
  4. Satya Lencana Pengabdian 25 tahun dari ITB


  Nama  : DR. Ing. Ir. Supono Adi Dwiwanto
Pendidikan  : Doktoral
Bidang Keahlian
 : Pengecoran Logam, Metalurgi Vakum
  Karya Tulis Ilmiah
  1. Dwiwanto, S.A., “Analisis Metalurgi dan Teknologi Pembuatan Super Alloy dengan Proses Peleburan Lanjut”, Seminar dan Expo Teknik Metalurgi Unjani, 2008
  2. Dwiwanto, S.A., “Pengembangan Teknologi Proses dan Peralatan Metalurgi pada Pembuatan Baja Mutu Tinggi”, Seminar dan Kongres PM3I ke-V, Bandung, 2010
  3. Dwiwanto, S.A., “Model Integrasi Perancangan Proses Manufaktur dan jejaring Produksi Distributor Valve Sistem Pengereman Kereta Api untuk Peningkatan Kandungan Komponen Lokal”, Seminar Hasil Penelitian Hibah Bersaing, DP2M-DIKTI, Bandung, 2012
  Penelitian
  1. Dwiwanto, S.A., Kusharjanto, Akuan, A., ”Analisis Kegagalan Komponen Excavator Link-H”, Kerjasama Pusat Studi TechnoMET Jurusan Teknik Metalurgi FT-Unjani dan PT Karya Deli Steelindo Medan Sumatera Utara, 2009
  2. Dwiwanto, S.A., Wahyudin, C., Ismojo, ”Model Integrasi Perancangan Proses Manufaktur dan jejaring Produksi Distributor Valve Sistem Pengereman Kereta Api untuk Peningkatan Kandungan Komponen Lokal”, Penelitian Hibah Bersaing, DP2M-DIKTI, 2009-2011
  3. Dwiwanto, S.A., Subagjo, U., Kusharjanto, Pawawoi, “Optimasi Proses Metalurgi Pembuatan Pipa dari Bahan Ni-Resist 2b dengan Mesin Centrifugal Casting dan Pengembangannya”, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID), DP2M-DIKTI, 2012
  Prestasi
  1. Ketua Jurusan Berprestasi di Universitas Jenderal Achmad Yani, 2010


  Nama  : Kusharjanto, ST., MT.
Pendidikan  : Magister
Bidang Keahlian
 : Pengelasan Logam, Analisis Kegagalan Logam
  Karya Tulis Ilmiah
  1. Kusharjanto, Akuan A., Irawan A., “Pengaruh Waktu dan Jarak Koil Induksi terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Baja KRUPP 1191”, Jurnal Teknik, ISSN-1412-8810, 2007
  2. Kusharjanto, “Analisis Kegagalan Fuel Burner pada Turbin Gas Pembangkit Listrik”, Jurnal Teknik Mesin, ISSN-1693-3575, Vol. 7 No. 2, 2009
  3. Kusharjanto, Mulyani, R.H., Pawawoi, ”Kajian Pembuatan Metallurgical Grade Silicon (MG-Si) Sebagai Bahan Dasar Sel Surya untuk Mendukung Kebijakan Energi Terbarukan”, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi dalam Penanganan Energi, ISBN 978-979-98582-3-8, Cimahi, 2011
  Penelitian
  1. Mulyani, R.H., Kusharjanto, “Pengaruh Waktu Penahanan Karburasi Padat terhadap Kedalaman efektif pada Golok sebagai Peralatan Pertanian”, LPPM-Unjani, 2010
  2. Pawawoi, Kusharjanto, “Pengaruh Temperatur dan Kecepatan Laju Pendinginan Proses Perlakuan Panas untuk Meningkatkan Sifat Mekanik Jarum Rajut, LPPM-Unjani, 2011
  3. Dwiwanto, S.A., Subagjo, U., Kusharjanto, Pawawoi, “Optimasi Proses Metalurgi Pembuatan Pipa dari Bahan Ni-Resist 2b dengan Mesin Centrifugal Casting dan Pengembangannya”, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID), DP2M-DIKTI, 2012
  Prestasi
  1. Satya Lencana Pengabdian 10 tahun dari Universitas Jenderal Achmad Yani, 2012


  Nama  : Pawawoi, ST., MT.
Pendidikan  : Magister
Bidang Keahlian
 : Thermodinamika Metalurgi, Material Temperatur Tinggi
  Karya Tulis Ilmiah
  1. Pawawoi, ”Pengaruh Proses Temper terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro pada Baja Perkakas Eskylos 2344”, Jurnal Teknik, Vol. IX, No. 2, ISSN-1412-8810, 2010
  2. Putra, A.G., Pawawoi, ”Pengaruh Single dan Double Quenching pada Proses Pack Carburizing terhadap Sifat Mekanik Baja Paduan Karbon Rendah”, Jurnal Teknik, Vol. IX, No. 2, ISSN-1412-8810, 2010
  3. Kusharjanto, Mulyani, R.H., Pawawoi, ”Kajian Pembuatan Metallurgical Grade Silicon (MG-Si) Sebagai Bahan Dasar Sel Surya untuk Mendukung Kebijakan Energi Terbarukan”, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi dalam Penanganan Energi, ISBN 978-979-98582-3-8, Cimahi, 2011
  Penelitian
  1. Pawawoi, Kusharjanto, “Pengaruh Temperatur dan Kecepatan Laju Pendinginan Proses Perlakuan Panas untuk Meningkatkan Sifat Mekanik Jarum Rajut, LPPM-Unjani, 2011
  2. Dwiwanto, S.A., Subagjo, U., Kusharjanto, Pawawoi, “Optimasi Proses Metalurgi Pembuatan Pipa dari Bahan Ni-Resist 2b dengan Mesin Centrifugal Casting dan Pengembangannya”, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID), DP2M-DIKTI, 2012


  Nama  : R. Henny Mulyani, ST., MT.
Pendidikan  : Magister
Bidang Keahlian
 : Metalurgi Mekanik, Karakterisasi Material, Metalurgi Serbuk
  Karya Tulis Ilmiah
  1. Ulfa, I.I., Syarif, D.G., Mulyani, R.H., ”Pembuatan Keramik 8YSZ-Ni Untuk Anode SOFC Dengan Utilisasi ZrO2 dari Mineral Zirkon”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nuklir, ISSN-1411-3481, 2011
  2. Mulyani, R.H., ”Pengaruh Proses Karburasi Padat (Pack Carburazing) terhadap Sifat Mekanik pada Baja Pegas JIS SUP 6”, Jurnal Teknik, Vol. X No. 2, ISSN-1412-8810, 2011
  3. Kusharjanto, Mulyani, R.H., Pawawoi, ”Kajian Pembuatan Metallurgical Grade Silicon (MG-Si) Sebagai Bahan Dasar Sel Surya Untuk Mendukung Kebijakan Energi Terbarukan”, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi dalam Penanganan Energi, ISBN 978-979-98582-3-8, Cimahi, 2011
  Penelitian
  1. Mulyani, R.H., Kusharjanto, “Pengaruh Waktu Penahanan Karburasi Padat terhadap Kedalaman efektif pada Golok sebagai Peralatan Pertanian”, LPPM-Unjani, 2010


  Nama  : Pradoto Ambardi, ST., MT.
Pendidikan  : Magister

Bidang Keahlian 

 : Pengecoran Logam, Karakterisasi Material, Electro Plating
  Penelitian
  1. Pradoto Ambardi, Pengaruh Rapat Arus Dan Waktu Pelapisan Terhadap Kualitas Lapisan Nikel Temperatur Kamar
  2. Pradoto Ambardi, Analisis Aspek Mekanis Kegagalan Proses Hot Rolling Pada Pembuatan Pelat Kuningan Hasil Coran
  3. Pradoto Ambardi Analisa Kerusakan Inlet Duct Untuk Turbin Pembangkit Listrik Akibat Retak Las Melintang (Tranverse Weld Crack)
  4. Pradoto Ambardi, Djoko Hadi Prajitno, & Gustin Nuryatin, Pemanfaaatan Limbah Larutan Proses Etsa PCB Untuk Pembuatan Lembaran Tipis Tembaga Dengan Menggunakan Metode Elektrodeposisi
  5. Pradoto Ambardi, Herna Mulyana, & Moh. Adi Ganjar, Studi Banding Pemakaian Pasir Bekas Dan Pasir Baru Terhadap Karakteristik Cetakan CO2-Process
 
 

Struktur Organisasi

 PROGRAM STUDI
 Ketua Jurusan
 : Pawawoi, ST., MT.                           
 Sekretaris Jurusan
 : R. Heny Mulyani, ST., MT.
   
 LABORATORIUM
 Ka.Lab Logam
 : Pawawoi, ST., MT.
   
 BIRO-BIRO
Ka.Sub.Bag TU
 : N. Cucu Sri lopita, ST.
 Ka.Ur Adm Akdmk
 : Murtiningsih
 Ka.Ur Adm Umum
 Dewi Riyanti

Kontak dan Syarat Pendaftaran

UNJANI
Jl. Terusan Jenderal Sudirman PO. Box 148, Cimahi 40533
Telp. : (022) 6656 190
Fax   : (022) 6652 069

Program Studi Teknik Metalurgi - Teknik UNJANI

Kampus  Bandung :
Jl. Ters. Jend. Gatot Subroto PO Box 807 Bandung
Tlp. (022) 7320 920


Syarat Pendaftaran : Klik Disini