Universitas
Jenderal Achmad Yani

Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani Selesai Mengikuti PKKMB 2024

Home / Blog /  
Humas Unjani - September 24, 2024

(Humas) – Tepat pada hari Senin (23/09) dan Selasa (24/09) telah dilaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jenderal Achmad Yani Tahun 2024/2025 dalam rangka memperkenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan kampus dengan tema “Citra Gemilang Adyaksa Cakrawala”. Kegiatan ini dihadiri oleh 3.768 mahasiswa baru secara offline yang terbagi di beberapa vanue diantaranya Gedung Auditorium, Gedung Serba Guna, dan Aula Fisip, lalu selebihnya hadir secara online.

Sesi pertama diawali dengan Talkshow Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di Perguruan Tinggi yang dibawakan oleh Dr. Yeni Rospiani, S.S., M.M., beberapa hal yang dibahas oleh beliau diantaranya mengenai peran perguruan tinggi dalam mewujudkan kampus berbudaya luhur, dampak kekerasan seksual terhadap korban, 8 prinsip Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), beberapa bentuk kekerasan seksual yang banyak dialami pada zaman sekarang.

Dilanjutkan dengan pemateri ke-2 yaitu Ahmad Dekatama Putrazaman, S.H., LL.M., yang membawakan materi Pengembangan Karakter Sebagai Mahasiswa, beberapa hal yang dibahas oleh beliau diantaranya mengenai adab dan etika sebagai mahasiswa di lingkungan kampus, berkomunikasi di media sosial, interaksi fisik atau luring, keterampilan dan kompetensi yang perlu dikembangkan saat berkuliah, cara memperkuat jaringanan di lingkungan kampus maupun luar kampus, dan kebutuhan critical thinking dalam dunia kerja.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Ir Pussenif, Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos., M.I.P., dengan paparan materi mengenai Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, beliau berpesan bahwa mahasiswa tidak hanya berkontribusi dalam menjaga dan memperkuat kedaulatan negara, tetapi juga mengembangkan diri sebagai individu yang berkompeten dan berintegritas baik untuk diri sendiri maupun untuk bangsa dan negara.

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., menekankan kepada mahasiswa baru untuk membuktikan bahwa menjadi bagian dari kampus Universitas Jenderal Achmad Yani adalah sebuah kebanggaan, serta beliaupun mendorong mahasiswa baru untuk meraih prestasi akademik maupun non-akademik yang membanggakan, sehinga nama kampus ini akan semakin berkibar di dunia Pendidikan.

Ada pula kegiatan demo UKM sesi 1 yang menampilkan UKM KPS, Bharawana, KSR, Merpati Putih, KMK, PSM, Unisef, Menwa, Unjani Football, dan Unjani Basketball.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan sesi perkenalan dari setiap organisasi mahasiswa setiap fakultas yang menjelaskan peran fungsi dan wewenang dari ormawa tersebut. Dilanjutkan dengan materi Kebijakan dan Proses Akademik Universitas Jenderal Achmad Yani yang disampaikan oleh Dr. Agus Subagyo, S.IP.,M.Si., beliau memaparkan mengenai proses bisnis akademik, dan menjelaskan secara singkat menganai system akademik SITERPADU dan MYUNJANI.

Sesi selanjutnya menghadirkan pemaparan materi oleh Dr. Asep Kurniawan, SE., MT., M.I.P., ASCA., CHRA. Beliau memberikan penjelasan mendalam mengenai hak dan kewajiban mahasiswa terkait pengelolaan keuangan serta fasilitas yang tersedia bagi seluruh mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani selama masa studi. Wakil Rektor 3, Dewi Ratih Handayani, dr., M.Kes., memaparkan materi mengenai organisasi kemahasiswaan dan kegiatan kemahasiswaan yang mencakup bidang minat bakat, bidang penalaran, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, dan pengembangan karir.

Dilanjutkan dengan Demo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di kampus Universitas Jenderal Achmad Yani serta pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Angkatan 2024. Kegiatan PKKMB Tahun 2024 diakhiri dengan serah terima mahasiswa baru dari tingkat universitas kepada fakultas. (Ismail/Salma F)

The New UNJANI

Berita Terbaru

News - Admin / September 24, 2024

Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani Selesai Mengikuti PKKMB 2024

Kontak Kami
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat
Jl. Terusan Jenderal Gatot Subroto PO Box 807 Bandung, Jawa Barat
022-6656190 (Call)
PMB 0811 249 7890 (WA only)
PMB 0811 429 7899 (WA only)
humas@unjani.ac.id
PUSSISFO © Copyright 2020 - UNJANI - All Rights Reserved
camera-video linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram